Translate by Google

Arti Lagu To Heart-nya fromis_9: Ada yang Aneh

Sekarang gue udah lumayan hafal dengan lagu K-Pop. Apalagi kalo ditanya soal soundtrack drama korea. Beuh.. Gak semuanya hafal juga sih. Hehehe..

Ngomongin soal K-Pop, ada musik dari salah satu girl group yang baru aja melakukan debut. Group yang selalu dianggap remeh sama penggemar-penggemar agensi besar. Tidak lain dan tidak bukan. Sebuah grup yang asalnya dari sekolah idola (Idol School): fromis_9.


Lagu debut mereka, To Heart, bisa dibilang berhasil bikin hati gue menggebu. Rasanya seperti senang mendapat Surat Cinta. Kali ini gue mau mencari tau makna dari lagu To Heart-nya fromis_9. Gue mencari tau dari bagian pertama sampai reff-nya aja. Sebagai seorang dengan naluri detektif yang tiba-tiba muncul, gue merasa pusing. Liriknya banyak.

Oke, mari kita mulai...

fromis_9 - To Heart


한번 쯤 그려왔던 그 날이 올까 
(Hanbeon jjeum geuryeowatdeon geu nari olkka) 
Akankah hari yang sudah ku impikan itu kan datang? 

소중히 바래왔던 내 맘 넌 알까 
(Sojunghi baraewatdeon nae mam neon alkka) 
Apakah kau tahu perasaan berharga yang ku miliki? 

오 빛나는 땀방울도 
(O bitnaneun ttambanguldo) 
Bahkan manik-manik keringat yang bersinar 

언젠가 만날 널 위해 흘려왔어 
(Eonjenga mannal neol wihae heullyeowasseo) 
Apakah itu akan menemuimu suatu hari nanti? 

Deduksi gue: 
Kalo gue baca, jelas tokoh di dalam lagu ini cewek. Alasannya simpel: fromis_9 itu anggotanya cewek semua. Kalo cowok semua, jadinya bauamis_9. (Mohon jangan dibayangkan).

Balik lagi ke lagu. Cewek ini sedang menunggu sebuah ketidakpastian. Bahkan menimbulkan gejala kelainan. Masa keringatnya berupa manik-manik. Gue jadi mulai bersimpati.


포기하고 싶을 때 
(Phogihago sipheul ttae) 
Kapanpun kau ingin menyerah 

내 손 잡아 
(Nae son jaba) 
Peganglah tanganku 

언젠간 건네줄 내 러브레터 
(Eonjenha geonnejul nae reobeuretheo) 
Suatu hari nanti, aku akan memberikan surat cintaku

내 마음을 실어 보낼게 
(Nae maeumeul sireo bonaelge) 
Dengan segenap hatiku di dalamnya 

Deduksi gue: 
Tunggu. Bentar. Ada yang aneh. "Kapan pun kau ingin menyerah" Hah? Maksudnya? Jangan-jangan ini cewek pelakor.

Coba baca kalimat selanjutnya. Suatu hari nanti, si cewek berjanji mau ngasih surat cintanya. Tapi di awal seperti sebuah harapan dari si cewek. Sejauh ini deduksi gue benar? Mantap. 

새로운 세계가 열릴 듯
(Saeroun segyeoga yeollil deut)
Seperti dunia baru yang terbuka

멀게만 느껴질 때
(Meolgeman neukkyeojil ttae)
Saat keadaan terasa begitu jauh

힘껏 달려갈 거야
(Himkkeot dallyeogal geoya)
Mari kita menjalaninya dengan segenap kekuatan kita

Heart to heart to heart
Dari hati ke hati, ke hati

바래왔던 만큼 기다린 미래에
(Baraewatdeon mankheum gidarin miraee)
Sebanyak yang kita harapkan untuk masa depan

손가락 걸고 약속해
(Songarak geolgo yaksokhae)
Mari kita berjanji dengan mengaitkan jari

Deduksi gue: 
Mereka berhubungan jarak jauh. Menjalani dari hati ke hati. Mereka buat janji  dengan mengaitkan jari. Wah, gak nyangka gue. Mereka main belakang. Kan sakit.

우리의 소중한 마음이 
(Uriui sojunghan maeumi) 
Jika kau merasakan hati kita yang berharga 

 너에게 느껴질 때 
(Neoege neukkyeojil ttae) 
 Maka itu akan sampai padamu 

그때는 닿을 거야 
(Geuttaeneun daheul geoya) 
Saat itu aku akan mencapainya 

Heart to heart to heart 
Dari hati ke hati, ke hati 

예쁘고 당당하게 
(Yeppeugo dangdanghage) 
 Cantik dan kuat 

포기는 안 하고 싶어 
(Phogineun an hago sipheo) 
Aku tak ingin menyerah 

손가락 걸고 약속해 
(Songarak geolgo yaksokhae) 
Mari kita berjanji dengan mengaitkan jari 

Deduksi gue:
Si cewek ini gak mau nyerah. Dan malah menantang si cowok untuk membuat keputusan semacam berharga-gak-hati-gue-buat-lo. Kalo emang si cowok peduli, si cewek bakal nyamperin buat ngasih surat cinta yang selama ini disimpan.

---

Menurut kalian gimana? Si cewek ini pelakor atau bukan? Jawaban lain yang masuk akal sih, si cewek ini sebenarnya teman dekat sekaligus pengagum rahasia, dan si cowok ini suka didekati banyak cewek. Hal itu membuat si cewek minder. Jadi nunggu waktu yang tepat deh buat ngasih surat cintanya.

HAHAHA!

Serius banget bacanya. Ini pemikiran gue. Mungkin ada pemikiran yang berbeda dari gue. Coba tulis di kolom komentar. Ditunggu!

Oh ya, jangan lupa dukung fromis_9 ya!


Lirik dan terjemahan gue ambil dari

Diberdayakan oleh Blogger.